BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 22 Maret 2011

3. Arti Bid’ah dalam Bahasa Arab.


البدعة لغة : الْمُخْتَرَعُ عَلَى غَيْرِ مِثَالٍ سَابِقٍ
Artinya : Menurut bahasa Arab, kata bid’ah berarti sesuatu yang diadakan tanpa contoh sebelumnya/yang terdahulu.
Dalam beberapa kamus Bahasa Arab :
a.       Al Muhith, karangan Syirazi III, hal 3 :
اَلْأَمْرُ الَّذِىْ يَكُوْنُ أَوَّلاً
Artinya : Sesuatu barang/urusan yang pertama adanya
b.        Muhtarush Shihah, karangan Ar Razi, hal 379 :
اِخْتَرَعَهُ لاَعَلَى مِثَالٍ
       Artinya : Mengadakan sesuatu tidak menurut contoh
c.       Al Mu’tamad, hal 28
اِخْتَرَعَهُ وَأَنْشَأَهُ لاَعَلَى مِثَالٍ
       Artinya : Diciptakan tanpa contoh
d.      Munjid, hal 27.
مَاأُحْدِثَ عَلَى غَيْرِ مِثاَلٍ سَابِقٍ
        Artinya : Menciptakan/membuat sesuatu tanpa contoh yang terdahulu
Seluruh kamus mengatakan bahwa bid’ah dalam bahasa Arab adalah suatu barang/amalan baru yang dibuat tidak dengan contoh terlebih dahulu. Yang menciptakan dinamakan Mubdi’ atau Mubtadi’. Langit dan bumi juga dikatakan bid’ah, karena keduanya diciptakan oleh Allah tanpa contoh sebelumnya. Allah dinamai Badi’i  yang artinya pencipta. Dalam Al Qur’an Allah berfirman :

بَدِيْعُ السَّمَوَاتِ وَالْاَرْضِ ...
Artinya : Tuhan yang menciptakan langit dan bumi (tanpa contoh)…(QS Al Baqarah : 117)
Dalam ayat lain, Allah berfirman mengenai Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bahwa beliau bukan Nabi bid’ah, yaitu Nabi yang tidak ada contoh sebelumnya :
قُلْ  مَا كُنْتُ بِدْعًامِنَ الرُّسُلِ ...
Artinya : Katakanlah olehmu (wahai Nabi) : Saya bukanlah Rasul yang belum ada contoh terlebih dahulu. (QS Al Ahqaf : 9)
Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam memang bukan satu-satunya Nabi dan Rasul, tetapi sebelum beliau sudah banyak Nabi-nabi dan Rasul seperti Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi dan lainya.
Dapat diambil suatu kesimpulan bahwa arti bid’ah adalah suatu ciptaan dan yang mengadakan dinamakan pencipta. Sedangkan bid’ah dalam istilah syari’at Islam akan diterangkan secara ringkas, padat, luas, mudah dimengerti dan dengan dalil yang kuat.

0 komentar: